Jumat, 30 Maret 2012

Apa itu Emosi??

Banyak orang sering mendengar dan mengucapkan kata emosi, namun biasanya orang awam menganggap emosi hanyalah emosi marah saja. Sekarang mari kita mengetahui lebih banyak tentang emosi.

Apa itu Emosi??

Secara umum emosi didefinisikan senagai respons integral dari makhluk hidup, yang bertumpu pada pemahaman mengenai situasi eksternal dan internal, dan mencangkup perubahan-perubahan perasaan yang kompleks dan perubahan-perubahan fisiologis, yang meliputi organ tubuh, pembuluh darah, dan kelenjar.

Bagi para tokoh emosi diedefinisikan sebagai berikut :
  • George Miller mengartikan dengan pengalaman yang memiliki perasaan kuat,dan biasanya diiringi dengan perubahan-perubahan fisikdengan peredaran darah dan pernafasan, biasanya jugabibarengi dengan tindakan pemaksaan. 
  • Angels mendefinisikannya dengan kondisi perasaan yang kompleks, yang diiringi dengan beberapa gerakan atau aktivitas kelanjar, atau perilaku yang kompleks yangdidominasi oleh aktivitas lambung dan organ-organ intrinsik.
  • Stenley mengartikan dengan fondasi utama yang melandasi kelahiran dan perkembangan kekuatan mental.
Menurut para psikolog emosi dibagi menjadi :
A. Emosi Takut

Rasa takut adalah fenomena kejiwaan yang muncul sejakdini, yaitu sejakmasa kanak-kanak. barangkai inilah sebabnya mengapa  sebagian psikolog berpendapat bahwa ketakutan merupakan aksi insting dasar ( fitrah ).

Faktor-faktor yang menimbukan rasa takut dibagi menjadi dua:
1. Faktor-faktor hakiki, yaitu menimbulkan rasa sakit pada manusia  kalau dia mengabaikannya,  seperti api  atau senjata tajam.
2. Faktor tidak hakiki, yaitu yang muncul padsa masa lampau akibat faktor-faktor hakiki yang meninggalkan bekas pada jiwa seseorang akan tetapi sekarang faktor-faktor lama tersebut tidak harus menjadi faktor yang menakutkan. misalnya orang- orang dewasa yang takut kepada tikus atau suasana gelap.

B. Emosi Marah 

Para psikolog mengkaji emosi marah pada berbagai fase umur untuk mengetahui tingkat perkembangannya. Marah itu sendiri merupakan emosi yang umum, ditemukan pada manusia baik ia anak kecil, remaja atau orang dewasa. emosi ini tidak menunjukan ketidakmampuan beradaptasi kecuali dalam sejumlah kecil kasus dimana seseorang marah tanpa batas dan kontrol yang mencegahnya mendapat celaka.

C. Terkejut 

Terkejut, yaitu saat kita merasa kaget terhadap suatu hal.

D. Sedih

Sedih, adalah emosi akibat berhadapan dengan situasi yang mengecewakan dan membuat hati merasa tidak nyaman. dan menangis adalah ekspresi yang kita keluarkan saat sedang bersedih.

E. Senang dan Gembira

Senang adalah perasaan yang melegakan dan membuat hati merasa nyaman dan tenang. tertawa adalah salah satu ekspresi yang kita keluarga saat merasakan kebahagiaan.

Inilah macam-macam emosi yang sebenarnya masih banyak lagi, sekian nge-blognya hari ini ya. semoga bisa menambah pengetahuan . terimakasih :)
*menangislah jika itu membuatmu merasa lebih baik,namun hapuslah air matamu dengan senyuman. Semangattt !!

SUMBER :
  • Az-za'balawi, Muhammad Sayyid, 2007. Pendidikan Remaja Islam dan Ilmu Jiwa, Jakarta : Gema Insani Press.

4 komentar: