Kamis, 29 Maret 2012

"Abraham Maslow"

Kembali ke-blog, heheheh
dan sekarang saatnya...
Mari kita mengenal lebih dekat dengan sosok yang sangat terkenal dalam bidang psikologi..
beliau adalah ....

Abraham Maslow
Abraham Maslow lebih dikenal dengan nama panggilan Maslow. Maslow lahir tanggal 11 April 1908 di Brooklyn, New York. Selama 14 tahun (1937-1951) ia menjadi staff pengajar Brooklyn College. Pada tahun 1951, maslow pergi ke Universitas Brandeis dimana ia tinggal sampai tahun 1969, ketika ia menjadi anggota tetap pada Laughlin Foundation di Menlo Park, California. namun Maslow meninggalkan dunia ini diakibatkan oleh serangan jantung yang terjadi pada tanggal 8 juni 1970.
Setelah kematiannya sejumlah buku mengenai hidupnya mulai diterbitkan. Salah satunya buku kenangan yang berisi kata-kata pujian, beberapa makalah-makalah lepas yang ditulis oleh Maslow. buku-buku lain ditulis oleh Goble (1970) dan Wison (1972).
Maslow menggunakan hasil menelitiannya tentang orang-orang yang sehat dan kreatif untuk sampai pada perumusan tertentu tentang kepribadian.
awalnya maslow mencela psikologikarena " Konsepsinya yang pesismistik negatif dan terbatas " tentang manusia.
Ia berpendapat bahwa psikologi lebih banyak memikirkan kelemahan - kelemahan manusia daripada kekuatan -kekuatannya ; psikologi semata-mata meneliti dosa dan megabaikan kebajikan. psikologi telah melihat hidup ini dari sudu tindividu yang berusaha mati-matian untukmenghindari perasaan sakit, bukan mengambil langkah-langkah aktif untuk mencaai kesenangan dan kebahagiaan.
pada tahun 1967 Maslow mengemukaan suatu teori tentang motivasi manusia yang membedakan antara kebutuhan tuhan dasar (basic needs) dan metakebutuhan (metaneeds). kebutuhan dasar meliputi rasa lapar, kasih sayang (afeksi), rasa aman, harga diri, dan sebagainya. metakebutuhan meliputi keadilan, kebaikan, keindahan, keteraturan, kesatuan, dan sebagainya.
Kebutuhan dasar adalah kebutuhan akibat kekurangan, sedangkan metakebutuhan adalah kebutuhan untuk pertumbuhan.
Maslow meyakini bahwa apabila para psikolog hanya mempelajari orang-orang yang lumpuh, kerdil, neorotik maka mereka hanya menhasilkan suatu psikologi yang lumpuh. untuk mengembangkan suatu ilmu pengetahuanyang lebih lengkap dan luas tentang manusia maka para psikolog harus juga mempelajari orang-orang yang telah merealisasikan potensi sampai sepenuhnya. Inilah yang dilakukan Maslow ia telah mengadakan penelitian yang intensif dan luas tentang sekelompok Orang yang mengaktualisasikan diri. Malsow meneliti Lincoln, Jefferson, Walt Whitman dan bebeeapa tokoh lainnya mereka diteliti secara klinis untuk menemukan sifat-sifat mana yang membedakan mereka dengan orang-orang yang biasa. ternyata inilah ciri-ciri khas mereka :
1. Mereka beroreintasi secara reaistik
2. Mereka menerima diri mereka sendiri, orang-oranglain, dunia kodrati seperti apaadanya.
3. Mereka sangatspontan
4. Merea memusatkan diri pada masalah dan bukan pada diri mereka sendiri
5. Mereka mampu membuat jarak dan memiliki kebutuhan akan privasi
6. Mereka adalah otonom dan independen atau berdiri sendiri
7. Apresiasi mereka terhadap orang-orang dan benda- bendaadalah segar,buakn penuh prasangka
8. Kebanyakan diantara mereka memiliki pengalaman mistik atau spiritual yang dalam, meskipun tidak perlu bersifat religius.
9. Mereka memiliki hubungan yang dalam sesama manusia
10. Hubunganmereka yang akrab dengan beberapa orang yang dicintai secara khas cenderung mendalam serta amat emosional, tidak dangkal
11. Nilai dan sikap mereka adalah demokratik
dan mash banyak ciri lainnya
Namun yang palingdikena dari seorang maslow adalah teori hirarki kebutuhan, mari kita lihat apa saja teori hirarki kebutuhan menurut Masow :
a. Kebutuhan Fisiologis
    Kebutuhan paling mendasar seperti makan, minum, udara.

b. Kebutuhan Rasa Aman
    Jaminan keamanan, stabilitas, perlindungan, struktur, keteraturan, situasi yang bisa diperkirakan, bebas dari  rasa takut dan cemas dan sebagainya.
c. Kebutuhan Harga Diri 
    Kebutuhan tingkat tiga relatif sudah terpenuhi, maka timbul kebutuhan akan harga diri (esteem needs)
d. Kebutuhan untuk dicintai dan disayangi

e. Kebutuhan akan aktuaisasi diri.
inilah sedikit pengetahuan tentang abraham maslow semoga dapat menambah ilmu teman-teman yahh . terimakasih telah membaca blog saya ..

*Setiap manusia memiliki kebutuhan akan cinta, jika kamu belum mendapatkannya mungkin karena kamu belum memberikan cinta tulusmu pada orang - orang yang ada disekitarmu. bagilah cinta tulusmu maka kau akan mendapatkan lebih banyak cinta tulus dari orang yang kau tunggu. Semangattttt !!

SUMBER :
  • Lindzey, Gardner dan Hall, Calvin S, 1993. Teori-Teori  Holistik (Organismik-Fenmenologis),   Yogyakarta : Kanisius

3 komentar:

  1. mungkin bisa kali yah dimulai penelitian tentang kehebatan terpendam manusia :)

    BalasHapus
  2. ini tokoh paling ga asing di dunia psikologi bagu gue :D

    BalasHapus